Riuh Redam Pelaksanaan Workshop Sasaran Indikatif Tingkat Kecamatan

abdurrahman Sun, 29/12/2019 - 5:03pm

Pelaksanaan “WORKSHOP SASARAN INDIKATIF TINGKAT KECAMATAN” dilaksanakan secara serentak di 14 Kecamatan di Kabupaten Aceh Tengah pada hari  Kamis, 28  November  2019. Kegiatan Workshop ini melibatkan 30 orang peserta dimasing-masing kecamatan, yang terdiri dari unsur Penyuluh, KCD (Mantri Tani), pelaku utama dan Pelaku usaha.

Tujuan workshop sasaran indikatif ini adalah untuk validasi luas lahan dan luas target  tanam serta luas tambah tanam yang bisa dicapai oleh masing- masing kecamatan dalam rangka mendukung Indonesia swasembada beras, sesuai dengan arahan menteri pertanian bahwa  BPP sebagai Garda Terdepan Pembangunan Pertanian harus mampu menyediakan pangan bagi  267 Juta jiwa penduduk  Indonesia, dimana jika kita kalikan dengan konsumsi beras /kapita/tahun maka Indonesia membutuhkan  267.000.000  jiwa  x 114,6  kg /kapita/tahun artinya Indonesia  harus bisa memenuhi  30.598,200  ton/tahun.

Pemenuhan kebutuhan pangan  di  Indonesia, memang acap kali menjadi permasalahan  Nasional, terlebih lagi jika sampai terjadi deficit beras sehingga Negara harus mengimport beras dari  Negara-negara penghasil beras, sehingga menambah beban pengeluaran  Negara.

Permasalahan defisitpangan  di Indonesia kalau dikaji lebih dalam sebenarnya bukan hanya karna factor tidak tercapainya  target  tanam, namun permasalahan  yang  terbesar adalah besarnya jumlah penduduk Indonesia. Berbeda dengan beberapa  Negara pengimport beras seperti Thailand dan Brunei Darussalam, Negara-negara ini, walaupun luas lahan sawah terbatas, namun jumlah penduduk  yang sedikit menyebabkan mereka  surplus  pangan sehingga mampu untuk mengeksport beras mereka, berbeda dengan Indonesia, walaupun luas lahan yang bisa ditanami tanaman pangan cukup luas, namun karna jumlah penduduk juga besar maka pencukupan pangan menjadi sebuah permasalahan  yang cukup rumit, terlebih jika dikaitkan pada besaran beban  Negara jika harus selalu mengimport  beras untuk memenuhi kebutuhan  pangan penduduknya.

Melalui pelaksanaan kegiatan woekshop sasaran indikatif ini, diharapkan ditahun  2020  nanti, Indonesia mampu mencapai target swasembada beras, sehingga pembangunan dapat  difokuskan pada hal lain, karna Negara yang pangan penduduknya  tercukupi, maka peluang untuk berkembang semakin terbuka )*.

)*Muliadi/ASPG