REMBUG KTNA KABUPATEN ACEH TENGAH

abdurrahman Sun, 29/12/2019 - 4:46pm

 Kontak Tani  Nelayan Andalan di kawasan dataran tinggi Gayo melakukan Rembuk dalam  rangka  persiapan menghadapi PENAS  tahun 2020 di Sumatera Barat.  Peserta   Rembuk adalah  KTNA  tingkat kabupaten ini adalah sejumlah pengurusKTNA ingkat kecamatan yang  berasal dari 14  wilayah sekabupaten Aceh Tengah   dan  ihadiri juga oleh kepala Balai Penyuluhan Pertanian selaku pembina dari masing--masing keamatan.     

      Penyelenggaraan Rembuk KTNA  ini  dibuka  Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah H. JUANDA,SP Jum’at 13 Desember 2019. Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (PENAS-KTNA) merupakan sebuah kesempatan bertemunya  para petani  maju  dari Sabang sampai Merauke, sehingga tidak sedikit manfaat yang dapat dipetik terutama perkembangan teknologi, pengetahuan dan inovasi baru.  Untuk itu  peserta KTNA  Kabupaten Aceh Tengah harus benar-benar mampu memetik dan membawanya ke daerah, demikian  harapan kepala Dinas Pertanian  Kabupaten Aceh Tengah.

      Kontak Tani Nelayan Andalan  merupakan sebuah kelembagaan yang lahir dari petani, oleh petani dan untuk kepentingan  petani  itu sendiri, oleh sebab itu kelembagaan ini harus  butuh pendampingan yang serius dari penyuluh pertanian di lapangan. Mulai dari perubahan sikap dan penerapan teknologi baru penyuluh siap berada di garda terdepan  membantu tim  teknis  yang ada di setiap bidang, demikan disampaikan Ir. SULWAN AMRI  Kepala Bidang Penyuluhan  Dinas Pertanian Aceh Tengah.

        SYUKURDI selaku Ketua KTNA Kabupaten Aceh Tengah berharap melalui acara Rembuk ini akan  didapatkan agenda  utama yang harus dipersiapkan dan disampaikan ke pengurus KTNA  tingkat Provinsi   di Banda Aceih agar  segala sesuatu menyangkut keberangkatan  kontingen Penas dari Daerah provinsi Aceh  bisa terkoordinasi dengan baik,seperti warna pakaian, tempat nginap dan ainnya.  Aceh Tengah yang dikenal dengan produk kopi Arabika  siap untuk  berbagi informasi dan teknologi  di Penas Sumatera Barat kepada peserta lain,  mulai dari tekhnik budidaya, panen pasca panen, processing dan pemasaran tambah Syukurdi.

      KTNA Aceh Tengah juga siap memperkenalkan komoditas unggulan selain tanaman kopi seperti  bawang merah Gayo, Alpokad Gayo, Nenas Gayo  dan Jeruk Keprok Gayo. Banyak permasalahan intern yang dimusawarahkan dalam acara Rembuk   KTNA tahun ini seperti peremajaan pengurus tingkat kecamatan yang sepenuhnya menjadi priogatif keanggotaan di kecamatan dengan  mengacu pada aturan sebuah kelembagaan petani di negara Kesatuan Republik Indonesia ini)*

}* Abdurrahman/ Distan AT.