Distan Aceh Tengah Mensosialisasikan Aplikasi Simantap Bpp

abdurrahman Sat, 28/12/2019 - 12:40pm

Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah  lakukan Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi  SIMANTAP-BPP  kepada  sejumlah  Tenaga Fungsional  yang  aktif bergeliat  di lapangan   untuk melihat, mencatat,  mengumpul, membahas  dan melaporkan  dalam bentuk data maupun  lainnya.   Dibawah Bidang Penyuluhan  Pertanian,  mereka yang mendapat sosialisasi  tahap pemula ini adalah para kepala Balai  dan satu orang  penyuluh yang  sedikit paham  teknologi   informasi  online dari setiap kecamatan.

        Aplikasi  yang harus dikuasai ini diharapkan dapat menjadi pondamen  Gerakan Konstra Tani  di setiap kecamatan  dan kabupaten Kota, sebagaimana yang dicanangkan kementrian pertanian Republik Indonesia.   Tidak sedikit data  fotensi  wilayah pertanian yang sudah diidentifikasi oleh para penyuluh pertanian di lapangan . Melalui  aplikasi ini  seluruh elemen data tersebut  lebih cepat terkirim   ke alamat  pihak terkait , sehingga dapat  menjadi bahan perencanaan pembangunan   pertanian  sesuai yang diharapkan, demikian disampaikan kepala Bidang Penyuluhan Pertanian Kabupaten Aceh Tengah Ir.SULWAN AMRI.

          Kabupaten Aceh Tengah  terdiri dari 14 Kecamatan dan 15 unit Balai Penyuluhan Pertanian  semuanya tersebar di bukit dan lembah daerah pegunungan.  Hal ini   menjadi suatu dilema  terhadap koneksinya jaringan internet  di beberapa kawasan,  namun  jajaran bidang penyuluhan pertanian Aceh Tengah optimis   pemerintah akan berupaya  mencari solusi.

          Peserta sangat antosias mengikuti pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan yang dipandu  langsung  oleh    ANUGERAH FITRADI,S.Pt  selaku  Kasie.Informasi dan Pelatihan  di Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah.    Penyuluh dan Kepala Balai Penyuluhan Pertanian  yang terlatih dan sudah mengikuti  sosialisasi diharapkan dapat menjadi  trainer  bagi penyuluh-penyuluh lain di setiap kecamatan,  agar mereka semua tahu dan mampu mengakses laporan-laporan dalam bentuk online  baik ke pusat maupun daerah}*

}*Abdurrahman/ Distan Aceh Tengah

Tags: