Peningkatan Kapabilitas Penyuluh Pertanian Wilayah Tengah

Kategori : Government Sabtu, 28 September 2019

 

Dok.Pribadi

           Takengon, 26 September 2019 telah dilaksanakan pembukaan acara kegiatan Pertemuan Peningkatan Kapabilitas Penyuluh Pertanian/ Perkebunan wilayah Tengah yang dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah H.JUANDA,SP di Hotel Linge Land Jalan Yos Sudarso No.1001 Kabupaten Aceh Tengah. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 26-27 Sepetember 2019 dengan jumlah peserta 40 orang penyuluh dari wilayah tengah 8 kabupaten kota ; Aceh Tenggara, Aceh Besar, Aceh Tengah, Gayo Lues, Kodya Banda Aceh ,Kota Sabang, Bener Meriah dan Pidie.
           Penyuluh Pertanian menjadi ujung tombak pembangunan Nasional terutama di sektor pertanian perkebunan, peternakan dan lainnya, harus benar-benar siap menjadi pendaping setiap kegiatan di kelompok tani pelaku tama dan pelakua usaha. Artinya kegiatan tanpa pendampingan teknis dari penyuluh pertanian akan menuai hasil kekecewaan. Oleh sebab itu penyuluh pertanian perlu ditingkatkan terus menurus kavasitas kemampuan kerjanya seperti kegiatan yang sedang kita laksanakan ini, demikian ungkapan kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah pada acara pembuakaan.

Kadistan Kab.Aceh Tengah Buka Acara

Sebagai tuan rumah H. JUANDA menyambut manis kehadiran seluruh peserta, panitia dan narsumber, kemudian menceritakan kiprah penyuluh Aceh Tengah dalam membidani lahirnya, beberapa varietas unggulan daerah yang dilepas kementerian Pertanian Republik Indonesia. Dua varietas kopi Arabika Gayo I dan Gayo II, Jeruk Keprok Gayo, Alpokad Gayo, Bawang merah Gayo dan Insiminasi kuda Gayo. Pihak dinas terkait dalam mengawali peroses sertifikasi benih dan bibit ini tidak terlepas dari bantuan penyuluh pertanian, tambahnya.
Tujuan utama penyelenggaraan acara di wilayah tengah ini adalah ingin meningkatkan kavasitas keperibadian penyuluh pertanian/ perkebunan sehingga penyuluh mampu menyebarkan Informasi dan Inovasi dibidang pertanian. Tidak kalah dengan pengetahuan petani dan tidak ragu percaya diri menggerakan aktivitas keseharian petani pelaku utama dan pelaku usaha, demikian disampaikan panitia penyelenggara SYAFI'I dari Dinas Pertanian Perkebunan Aceh).*
)* KJF Aceh Tengah /Abdurrahman,Sp

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32